Sertifikasi ISO dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas, dengan menunjukkan bahwa organisasi Anda memenuhi harapan pelanggan Anda. Untuk beberapa industri, sertifikasi ISO merupakan persyaratan tender atau kontrak.

Yang perlu diingat adalah ISO tidak melakukan sertifikasi. Sertifikasi ISO dilakukan oleh lembaga sertifikasi eksternal. Lembaga sertifikasi ISO, juga dikenal sebagai Registrar, adalah sebuah organisasi pihak ketiga yang dikontrak untuk mengevaluasi kesesuaian dari sistem manajemen organisasi anda.

Sebelum memilih lembaga sertifikasi ISO tersebut sebaiknya anda melakukan:
  • Cek akreditasi dari lembaga sertifikasi ISO tersebut, apabila keperluan anda adalah untuk mendapatkan sertifikat SNI, tentu anda akan memilih badan sertifikasi yang telah diakreditasi oleh KAN
  • Cek apakah jenis kegiatan usaha anda terdapat pada ruang lingkup badan sertifikasi ISO tersebut.
  • Cek perusahaan yang telah menggunakan jasa badan sertifikasi tersebut, apakah pelayanannya memuaskan?
  • Pertimbanagkanlah harga untuk audit tahun pertama sampai ketiga dan seterusnya.
Banyak organisasi memutuskan untuk menggunakan lembaga sertifikasi ISO berdasarkan logo lembaga sertifikasi ISO tersebut . Namun ada juga  alasan yang baik untuk dipertimbangkan dalam memilih badan-badan sertifikasi.

Dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.



ISM Global
Sertifikasi ISO, LSUP, SMK3
Patra Jasa Office Tower, 17th Floor, Room 1704
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 32-34 Kuningan, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950, Indonesia
WA: 081281807070
Email: cs@ismglobal.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *