ISO 9001 ditujukan untuk digunakan di semua organisasi yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Berikut 7 Prinsip ISO 9001:2015 :

Prinsip 1: Fokus Pada Pelanggan (Customer Focus)
Prinsip 2: Kepemimpinan (Leadership)
Prinsip 3: Keterlibatan Orang-orang (Engagement of People)
Prinsip 4: Pendekatan Proses (Process Approach)
Prinsip 5: Pengembangan Sistem (Improvement)
Prinsip 6: Pendekatan Faktual pada Pengambilan Keputusan (Evidence-based Descision Making)
Prinsip 7: Hubungan yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak (Relationship Management).

ISO 14001 merupakan standar yang memadukan dan menyeimbangkan kepentingan bisnis dengan lingkungan hidup. Perbedaan antara ISO 14001:2004 dengan ISO 14001:2015 adalah :

a. Versi baru dari ISO 14001 sejajar dengan Annex SL, yang membuatnya lebih kompatibel dengan sistem manajemen lainnya seperti ISO 9001, ISO 22301, ISO 27001, dan ISO 20000, dan membuat integrasi diantara sistem-sistem tersebut menjadi lebih mudah.

b. Perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 14001:2004 harus transisi ke versi terbaru. Lembaga sertifikasi mengumumkan bahwa mereka akan berhenti melakukan sertifikasi terhadap ISO 14001:2004 pada bulan September 2016, yang berarti setelah bulan tersebut setiap sertifikasi ISO 14001 akan menggunakan versi 2015.

c. Versi baru memiliki 10 klausul, sedang pada versi lama terdapat empat klausul, selain itu versi 2015 memiliki 16 dokumen wajib yang disebut dalam klausul, sedang pada versi 2004 terdapat 12 dokumen wajib yang disebutkan dalam klausul.

 

ISM Global
Sertifikasi ISO, LSUP, SMK3
Patra Jasa Office Tower, 17th Floor, Room 1704
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 32-34 Kuningan, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *